Rabu, 26 April 2017

Self Management “One Way for Succes”

Self management atau manajemen diri, adalah proses mengontrol self condition (emosi,perilaku dan tutur kata) dan out condition (kondisi dari luar) yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Proses manajemen diri yang berjalan konsisten akan menjadi suatu yang berulang sehingga menjadi sebuah “habits”. Proses manajemen diri yang baik akan tertanam kedalam alam bawah sadar dan menjadi respon secara reflek, terhadap tantangan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

            Sobat jalanners, hidup ini adalah 5 persen improve dari dalam diri kita sendiri dan sisanya adalah respon kita terhadap dunia luar. Maksudnya kita misalkan hari ini kita agendakan untuk quality time bersama keluarga seharian penuh. Namun ternyata bos kita secara tiba-memberi banyak jobdesk kepada kita sehingga kita kesulitan untuk quality time bersama keluarga. Nah, disini rencana kita untuk quality time merupakan variabel “Improve self”, sedangkan bos memberi banyak jobdesk merupakan “ Faktor dari Luar”. Sedangkan yang disebut manajemen diri adalah bagaimana kita mensiasati ,mengontrol kondisi luar dari sehingga semua tetap berjalan lancar ini kita sebut sebagai manajemen diri.

            Sobat jalanners dari uraian di atas, manajemen diri meliputi beberapa aspek diantaranya manajemen waktu kita, skala prioritas, target harian, dan juga tujuan jangka panjang yang kita tentukan. Nah,mengapa perlu mempunyai manajemen diri yang bagus ? Cause if you don’t manage your self goodly,someone will. Artinya jika kamu tidak memanajemen dirimu dan pemikiran kamu dengan baik, maka aka ada orang yang yang mengendalikan dirimu. Nah, sobat jalanners tentu tidak mau kan ? dalam tanda kutip menjadi boneka bagi orang lain. Untuk itu perlu manajemen diri yang kuat, agar bisa mengontrol diri kita dari derasnya arus kehidupan. Jangan sampai kita kehilangan tujuan hidup kita. Dan tersibukan mewujudkan tujuan hidup orang lain, tanpa tahu manfaat apa yang kita dapatkan.


            Lalu bagaimana menciptakan manajemen diri yang baik dan mengakar dalam diri kita? Admin bakalan share tips-tipsnya di Postingan berikutnya. Karena seperti teko yang  diisi air. Akan lebih efektif jika diisi sedikit demi sedikit dan secara berlahan. Demikian, Terimakasih. SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa Harus Berupaya Maksmal ?

            Bagi kamu seorang pegawai yang punya bos nyebelin,yang gak pernah menghargai jerih payah kamu. Bagi kalian yang punya pekerja...